Sabtu, 01 Oktober 2022

GIAT PILAH SAMPAH DAN MENABUNG SAMPAH SISWA SD TEGALDOWO

Kegiatan Pilah sampah dilakukan setiap hari sabtu, yang di ikuti seluruh siswa kelas I-VI dan dilakukan di kelas/ halaman sekolah. Kegiatan ini memilah sampah anorganik dengan sampah residu yang terdapat masing – masing kelas di bantu dengan kader bank sampah sekolah dan wali kelas. Hasil dari pemilahan sampah kemudian di stor e bank sampah SD Tegaldowo dengan ditimbang terlebih dahulu kemudian di masukkan ke loker sampah kelas.

Kegiatan menabung sampah dilakukan setiap bulan sekali dengan bekerjasama dengan pihak Bank Sampah Gemah Ripah di Bantul. Menabung sampah dilakukan oleh kader bank sampah, tenaga kebersihan sekolah dan ibu / bapak guru. Masing – masing kelas mempunyai buku tabungan sampah sendiri sehingga tidak bercampur dengan kelas yang lain.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa mampu memisahkan pembuangan non organik dan residu dapat menghindari terjadinya penumpukan sampah. Pasalnya, sampah yang menumpuk bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang merupakan penyebab utama penyakit.