Rabu, 15 Maret 2023

Index Card Match; Belajar Menjadi Asyik

Model Pembelajaran Index card match ( mencari pasangan kartu )merupakan salah satu model pembelajaran yang menyenangkan karena mengajak peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, siswa akan belajar menyampaikan sesuatu pemahaman pada teman serta dapat menjadi pendengar yang baik saat teman lain menyampaikan suatu pemahaman, sehingga siswa memiliki antusias dalam proses pembelajaran untuk berlomba-lomba mencari pasangan dari setiap kartu yang dia miliki baik kartu yang berisi pertanyaan maupun kartu yang berisi jawaban.
Adapun kelebihan dari model pembelajaran ini adalah meningkatkan semangat peserta didik dalam pembelajaran, suasana belajar menjadi aktif dan menyenangkan, menumbuhkan suasana interaktif karena terjadi interasi antar peserta didik, materi yang disampaikan lebih menarik, terjadi proses diskusi dan presentasi sehingga menguatkan materi yang hendak dipelajari.
SD Tegaldowo membuat karya Card Martch Huruf Hijaiyah oleh ibu Restu Ariandini, S.Pd Guru PAI. Karya yang dibuat ini, terjadi peningkatan kognitif peserta didik dalam menghafal huruf – huruf hijaiyah. Karya ini juga diseminasikan di depan bapk/ ibu guru yang lain.